Jumat, 16 September 2011

Rumah Baca Asah-Asih-Asuh Dapat Kiriman Buku


KEBUMEN (RB-AAA) -  Rabu (07/09/2011) - Terkait program Donasi Buku untuk Dhuafa dalam program Ramadhan Ceria yang ke 4 tahun 2011, yang diadakan oleh komunitas 1001 Buku, beberapa waktu lalu. Rumah Baca Asah-Asih-Asuh termasuk salah satu taman bacaan yang mendapat kiriman buku dari program tersebut, yang diperuntukan para anggotanya.

Menurut W.Suratman selaku pendiri Rumah Baca Asah-Asih-Asuh kepada tim publikasi media ini mengatakan, “Bahwa satu paket buku, yang diperuntukan untuk anggotanya masing-masing : Rina (9)  dengan perincian judul sbb : A.Lilte Prince, The Wizard of OZ serta buku bacaan tambahan, Putri (8) yaitu : Pollyana, Bersama Rumah Pintah dan buku tambah, serta Mila (9),yaitu : Eigh Cousins, Inilah Kelas Paling Ajaib dan buku tambahan lainnya. Buku-buku tersebut telah diterima dengan baik untuk masing-masing anggota sebagaimana yang tertera dalam paket buku tersebut.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Mas Ratman ini mengatakan, bahwa keberadaan Rumah Baca Asah-Asih-Asuh yang terletak di Ds.Banjareja, RT.001/RW.05 No.58, Kec.Kuwarasan, Kab. Kebumen, Kode Pos - 54366, Jawa Tengah, c/p : Mas Ratman (Hp.0852.1708.4656), Baidah (0852.8513.7565), E-mail : rumahbacaasahasihasuh@yahoo.co.id,  
Blog : http//www.rumahbacaasahasihasuh.blogspot.com,

Sampai saat ini keberadaannya masih ala kadarnya. Buku-buku yang dimilikinya masih sebatas usaha yang dikumpulkan oleh pendiri bersama timnya. Disamping itu lanjutnya, program kegiatan yang adapun masih belum sepenuhnya berjalan, hal ini selain terbentur oleh fasilitas, juga minimnya SDM yang ada.  

Pendirian Rumah Baca Asah-Asih-Asuh ini, lanjut pria yang kini aktif sebagai journalist, tidak lain dimaksudkan untuk menyediakan sarana bacaan secara gratis bagi warga sekitar terutama anak-anak kampung yang sangat minim akan fasilitas bacaan.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi kampung kami ini, yang nota bene warga masyarakatnya sebagian besar hidup dari pertanian, banyak diantara mereka kurang peduli dengan sarana pendidikan bagi anak-anaknya. Untuk itu kami beriinisiatif mendirikan Rumah Baca Asah-Asih-Asuh ini, dengan apa adanya,”ujar Mas Ratman.

Disisi lain Mas Ratman juga mengatakan, bahwa dengan adanya bantuan buku dari Komunitas 1001 buku dalam program tersebut, sangat bermanfaat bagi Rumah Baca Asah-Asih-Asuh. “Kami sangat berterima kasih,kepada komunitas 1001 buku yang telah memberikan perhatian kepada rumah baca kami, sebagai pendiri yang masih awam dengan mengandalkan modal apa adanya, mudah-mudahan dengan adanya support dari komunitas 1001 buku ini, memberi arti yang cukup besar bagi kami,”paparnya.

Mas Ratman juga mengatakan bahwa pendirian Rumah Baca Asah-Asih-Asuh ini diharapkan bisa memberikan konstribusi positif bagi warga sekitar, selain itu juga membantu pihak pemerintah dalam bidang pendidikan, terutama untuk ikut mencerdaskan masyarakat, terutama bagi generasi muda. * (idah/news/foto : 1001buku)


2 komentar:

  1. Alamat :
    Ds.Banjareja,RT.001/RW.05 No.58,Kec.Kuwarasan,Kab.Kebumen,Kode Pos - 54366,Jawa Tengah, c/p:Ratman (Hp.0852.1708.4656), Baidah (0852.8513.7565),E-mail:rumahbacaasahasihasuh@yahoo.co.id, Blog :http//www.rumahbacaasahasihasuh.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Bagi anda yang berkenan menyumbangakan buku bacaan, kami siap menerima buku baacn tersebut untuk siswa siswi kami, yaitu SD Negeri 01 Sidosari, Jalan Raya Sidosari Kesesi Pekalongan Jawa Tengah 51162, terimakasih. ( Riyadi )

    BalasHapus

Literasi Sebagai Kecakapan Hidup

PRINSIP - Dari gerakan literasi adalah berkesinambungan , terintegrasi dan melibatkan semua pemangku kepentingan.Dampak virus Corona Covid ...