Minggu, 18 September 2011

Sekilas Profil Pendirian Rumah Baca Asah-Asih-Asuh

Rumah Baca Asah-Asih-Asuh adalah sebuah komunitas pencinta buku dan ilmu pengetahuan serta tempat berbagi ilmu dengan menyediakan buku-buku bacaan yang bermutu melalui perpustakaan gratis dan mengadakan pelatihan - pelatihan keterampilan, bagi anak,remaja serta warga masyarakat. 
Didirikan di : Ds.Banjareja, RT.001/RW.05, No.58, Kec.Kuwarasan, Kab.Kebumen, Kode Pos - 54366, Jawa Tengah, c/p: W.Suratman  (Hp.0852.1708.4656), Ny.Baidah (0852.8513.7565), E-mail: rumahbacaasahasihasuh@yahoo.co.id,  
Blog :http//www.rumahbacaasahasihasuh.blogspot.com

 Merupakan pilot project yang akan dikembangkan kedaerah-daerah lain. Pilihan Desa Banjareja,tidak lain karena kondisi desa tersebut yang sangat tertinggal,sebagian besar penduduknya bertani,kurang memiliki kepedulian terhadap pendidikan anak-anaknya. Disamping itu kurangnya akses terhadap bacaan bagi anak-anak usia sekolah dan remaja. Dalam kondisi yang memperihatinkan seperti itu kurang sekali sekali kepedulian dari berbagai pihak, untuk sekedar memberikan akses bacaan yang memadai dan bermutu. Dengan segala keterbatasan banyak diantara anak-anak usia sekolah yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, karena tidak adanya biaya.
Atas dasar itulah kami mencoba membangkitkan gairah belajar melalui rumah baca yang kami rintis ini Rumah Baca ASAH-ASIH-ASUH. Pendirian rumah baca ini murni prakarsa pribadi dengan dukungan rekan-rekan yang memiliki kepedulian, walaupun sampai saat ini masih berbentuk apa adanya. Namun kami berkeyakinan inilah salah satu sumbangsih kami untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan dunia pendidikan dikampung kami. Program kedepan, selain menyediakan buku-buku bacaan secara gratis,juga berecana memberikan pelatihan ketrampilan serta pemberian bantuan biaya pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu, dengan demikian diharapkan anak-anak remaja yang tidak sekolah lagi, bisa memiliki ketrampilan sebagai bekal dihari tuanya.
Untuk informasi mengenai rencana pendirian rumah baca tersebut bisa langsung  berhubungan dengan  : 
W. Suratman/Hp.085217084656, email : rumahbacaasahasihasuh@yahoo.co.id, 
Blog : www.rumahbacaasahasihasuh.blogspot.com

Partisipasi & Donasi
Untuk mewujudkan rencana pendirian rumah baca tersebut serta terselenggaranya kegiatan yang akan di laksanakan, kami senantiasa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, dengan itikad untuk memajukan pendidikan bagi anak bangsa. Partisipasi dan donasi bisa langsung ditujukan kelamat sekartariat rumah baca ASAH-ASIH-ASUH, ds.Banjareja Pacor, RT.001/RW.05,No.58,Kec.Kuwarasan,Kab.Kebumen,Jawa Tengah,atau melalui rekening di :
  1. Bank CIMB NIAGA Cab.Cinere, Rek.No.017.01.00648.13-9, a/n.w.suratman,qq.Rumah Baca  Asah-Asih-Asuh
  2. Bank Mandiri Syariah,Cab.Bogor, Rek.No.0167165191, a/n.w.suratman,qq.Rumah Baca Asah-Asih-Asuh
 Adapun Pendiri  Rumah Baca ASAH-ASIH-ASUH : W. Suratman, yang selama ini aktif sebagai jurnalis, melalui kesadaran akan pentingnya membaca bagi anak-anak, mendorong tekadnya untuk mendirikan Rumah baca Asah-Asih-Asuh, walaupun diakuinya tantangan untuk mewujudnkannya tidaklah mudah, banyak sekali hambatan dan rintangannya.
Kegiatan :
  1. Melukis & Mewarnai
  2. Menulis, Membaca  & Berhitung
  3. Mengaji,belajar membaca Al Qur'an
  4. Jurnalistik & Broadcasting
  5. Musik,menyanyi & nasyid
  6. Mendongeng, Pembacaan Puisi
  7. Pelatihan Ketrampilan : komputer, menjahit, kerajinan tangan,dll
  8. Pelatihan Kewirausahaan & budidaya (agribisnis dan peternakan)
    Pelatihan beladiri pencak silat,dll


Kutipan Favorit
"Barangsiapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga." (HR. Muslim)

"Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat." (HR. Ar-Rabii’)

"Wahai Aba Dzar, kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah lebih baik bagimu daripada shalat (sunnah) seratus rakaat, dan pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik daripada shalat seribu raka’at." (HR. Ibnu Majah)
...
"Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu." (HR. Ath-Thabrani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Literasi Sebagai Kecakapan Hidup

PRINSIP - Dari gerakan literasi adalah berkesinambungan , terintegrasi dan melibatkan semua pemangku kepentingan.Dampak virus Corona Covid ...